Catatan Belajar

welcome

Beruntung sekali seorang anak muda meninggal dgn brjuta-juta pahala, Malang kali seorang manusia yg meninggal dgn secuil pahala, Berilah hamba kaya akan ridhoMu ya Allah.

Sunday, December 31, 2017

Cara Bootable Installer MacOS

Update MacOS High Sierra sudah keluar, dengan penambahan beberapa fitur dari versi sebelumnya, Siera. 

Sistem Operating sistem terbaru dari yang diperuntukan untuk Computer Apple dapat di unduh secara gratis dari Mac App Store dengan ukuran 4,8 Gb, Ada dua cara untuk menikmati MacOS High Sierra yaitu dengan Update Install atau Clean Install alias Inul atau Install Ulang. 

Untuk clean Install paling enak dengan menggunakan media Flash Disk dengan cara Bootable Installer. bingung cara membuatnya? simak berikut ini.. Apa Itu Bootable Installer? Bootable installer adalah cara menginstall perangkat dengan jalan menggunakan media selain DVD, Dengan bootable installer, pengguna bisa melakukan instalasi komputer Mac lewat USB flash drive, tanpa perlu mengunduh dokumen installer macOS High Sierra setiap kali instal ulang, cukup unduh dokumen Instal macOS High Sierra dari Mac App Store, lakukan proses membuat bootable installer dan simpan USB flash drive tersebut saat ingin kamu gunakan di lain waktu. Selain digunakan sebagai cara alternatif untuk clean instal atau update instal, bootable installer juga punya beberapa fungsi lain. Seperti menghapus partisi komputer Mac tanpa masuk ke sistem operasi di komputer tersebut atau memperbaiki file system lewat Disk Utility serta Reset Password untuk User Account di komputer – terutama jika komputer Mac kamu tidak memiliki bootable partition. 


 Persiapan Membuat Bootable Disk :
1. Siapkan Computer Beroprating Sistem Mac 
2. USB Flash Disk minimal 8Gb, Format USB Flash Drive tersebut menggunakan Disk Utility dengan pengaturan OS X Entended (Journaled) dan gunakan nama partisi yang mudah diketik, satu kata saja misalnya. 
3. Download macOS High Sierra dari Mac App Store atau gunakan Link Berikut --> INI <-- a="">


Cara Membuat Bootable Installer macOS High Sierra
Apple memberikan panduan untuk membuat bootable installer macOS High Sierra dengan Terminal. Lebih lengkapnya adalah menggunakan fitur createinstalmedia yaitu menyalin dokumen Instal macOS High Sierra dari bagian yang dibutuhkan saja, ke USB Flash Drive yang kamu gunakan. Kamu tidak bisa sembarangan salin dokumen tersebut dengan cara copy dan paste saja. Panduan yang diberikan sebetulnya cukup singkat dan mudah, namun untuk kamu yang belum biasa menggunakan Terminal mungkin akan terlihat agak rumit. Silakah gunakan panduan berikut ini untuk lebih mudah dan singkat:

  • Gunakan nama partisi makemac di USB Flash Drive yang akan kamu jadikan bootable installer.
  • Letakkan dokumen Instal macOS High Sierra yang sudah diunduh dari Mac App Store di folder Applications atau jangan dipindahkan dari posisi yang diberikan.


Tutorial membuat Bootable Installer dengan Terminal
  • Buka Terminal dari Applications – Utilities atau lewat bantuan Spotlight.
  • Salin kode berikut ini dan tempel ke Terminal lalu Enter
  • sudo /Applications/Install\ macOS\ High Sierra.app/Contents/Resources/createinstallmedia –volume /Volumes/makemac
  • Masukkan User Password dari komputer yang kamu gunakan untuk ijin akses dan beberapa hal lainnya. Proses salin dokumen dan membuat bootable installer akan dilakukan dalam proses 20–30 menit.
Selesai membuat bootable installer dengan cara di atas, silakan uji dengan cara sederhana ya. Hubungkan USB Flash Drive dengan bootable installer di dalamnya ke komputer Mac kemudian lakukan Restart. Selama proses Restart, tekan dan tahan tombol Option di keyboard Mac dan tunggu hingga ada tampilan USB Flash Drive tersebut. Jika tidak tampil, berarti proses membuat bootable installer dianggap gagal.

No comments:

Post a Comment